cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Agora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 168 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis" : 168 Documents clear
PENGARUH KUALITAS LEADER MEMBER EXCHANGE (LMX) TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA MELALUI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA PT. NUTRIFOOD SURABAYA Wibowo, Novebry
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara kualitas LMX terhadap produktivitas kerja karyawan melalui kepuasan kerja dan komitmen organisasional pada PT. Nutrifood Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Populasi dari penelitian ini berjumlah 33 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS 2,0 M3. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas LMX tidak berpengaruh terhadap produktivitas kerja, kualitas LMX berpengaruh terhadap kepuasan kerja, kualitas LMX berpengaruh terhadap komitmen organisasional, kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasional, kepuasan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja, dan komitmen organisasional berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan, cara yang paling tepat adalah dengan meningkatkan kualitas LMX disertai peningkatan terhadap kepuasan kerja karyawan. Oleh karena itu, PT. Nutifood sebaiknya meningkatkan kualitas LMX dan juga kepuasan kerja karyawan agar produktivitas kerja karyawan PT. Nutrifood Surabaya dapat lebih ditingkatkan lagi.
Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Furniture pada CV. XYZ di Sidoarjo Tjoa, Gracia Evelyn
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengelolaan dan pengembangan usaha furniture pada CV. XYZ dengan melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Penetapan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Kemudian data diuji keabsahannya dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan perusahaan yang terdiri atas fungsi Planning, Organizing, Actuating, Controlling sudah berjalan dengan baik. Dari analisis lingkungan internal pada empat aspek, yaitu Pemasaran, Keuangan, Produksi atau Operasi, dan Sumber Daya Manusia, diketahui terdapat permasalahan pada aspek Pemasaran dan Sumber Daya Manusia. Sedangkan untuk menganalisis lingkungan eksternal digunakan Porter’s Five Forces. Menunjukan bahwa, persaingan antar perusahaan saingan kurang diperhatikan, potensi masuknya pesaing baru cukup besar, potensi pengembangan produk pengganti yang rendah, daya tawar pemasok yang lemah, dan daya tawar konsumen yang tinggi. Hasil dari analisis lingkungan internal dan eksternal tersebut diolah ke dalam analisis SWOT. Dari hasil analisis, dapat disarankan bagi CV. XYZ untuk menerapkan strategi fokus.               
PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA FURNITUR PADA PT.MULTI PRATAMA WIJAYA DI GRESIK Winata, Lusiani
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Perusahaan keluarga menjadi salah satu fenomena yang keberadaannya cukup banyak di perekonomian Indonesia, salah satunya adalah PT. Multi Pratama Wijaya. Penelitian dilakukan dengan tujuan menggambarkan pengelolaan dan pengembangan pada PT. Multi Pratama Wijaya dengan menganalisa lingkungan internal serta eksternal pada perusahaan.  Setelah itu digunakan analisa matriks SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan usaha PT. Multi Pratama Wijaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Penetapan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan memilih lima informan yang benar-benar mengetahui kondisi perusahaan secara detail. Kemudian data diuji keabsahannya dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan perusahaan yang terdiri atas fungsi Planning, Organizing, Actuating, Controlling sudah berjalan dengan baik. Dari analisis lingkungan internal pada empat aspek, yaitu SDM, Keuangan dan Akuntansi, Pemasaran, dan Produksi Operasional, diketahui bahwa terdapat permasalahan pada aspek Sumber Daya Manusia. Sedangkan untuk menganalisis lingkungan eksternal digunakan Porter’s Five Forces. Hasil dari analisis lingkungan internal dan eksternal tersebut diolah ke dalam analisis SWOT. Dari hasil analisis, dapat disarankan bagi PT. Multi Pratama Wijaya untuk menerapkan strategi fokus nilai terbaik.
PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN KELUARGA DI BIDANG DISTRIBUSI GULA Sia, Lucia Tjandra
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan Corporate Governance dengan menggunakan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kesetaraan. peneliti mengumpulkan data dengan metode wawancara dan observasi. Setelah mendapatkan data, peneliti memastikan keabsahan data dengan metode trianggulasi sumber, yaitu dengan membandingkan hasil wawancara , data- tertulis dan juga hasil observasi. Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, ditemukan bahwa perusaahaan telah melaksanakan sebagian dari prinsip-prinsip GCG. Rekomendasi penulis kepada perusahaan adalah agar perusahaan dapat menerapkan seluruh prinsip GCG dengan baik melalui perbaikan prinsip akuntabilitas dan independensi untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT. SURYA TIMUR SAKTI JATIM Soegandhi, Vannecia Marchelle
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Dalam pencapaian tujuan perusahaan, sumber daya manusia mempunyai peran yang sangat penting. Oleh karena itu perusahaan harus selalu memperhatikan kepuasan dan loyalitas kerja karyawan.  Karyawan yang puas dan loyal akan memberikan kontribusi yang besar bagi pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan crosstab, dengan jenis penelitian causal research.Dari analisis regresi linier berganda disimpulkan bahwa kepuasan kerja dan loyalitas kerja berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior karyawan  PT. Surya Timur Sakti Jatim. Hal ini berarti peningkatan  kepuasan kerja dan loyalitas kerja akan meningkatkan secara signifikan organizational citizenship behavior karyawan  PT. Surya Timur Sakti Jatim.
ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN KOSMETIK Tiyanto, Tommy Riezky
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Industri kosmetik saat ini terus menunjukkan pertumbuhan yang baik, hal ini menyebabkan banyak perusahaan keluarga yang memilih bergerak di industri tersebut. Agar mampu bersaing di pasar, perusahaan kosmetik harus mampu mengembangkan strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bersaing yang diterapkan oleh salah satu perusahaan kosmetik dalam menghadapi persaingan di sektor industri kosmetik dan mengetahui profil kompetitif dibanding pesaing-pesaingnya. Pengumpulan data dilakukan oleh penulis dengan cara wawancara dan observasi secara langsung di lapangan. Teknik analisa data yang digunakan oleh penulis adalah snowball. Penngujian keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber untuk membandingkan kebenaran informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda. Cara yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkannya kembali dengan data-data tertulis. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, strategi cost leadership yang digunakan oleh perusahaan saat ini tidak lagi relevan. Perusahaan dapat menerapkan strategi samudera biru dengan mencipakan kosmetik organik dan stand alone.
ANALISIS BUDAYA ORGANISASI PADA PERUSAHAAN ALAS KAKI Wiradinata, Marcell
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam menunjang kinerja perusahaan. Perusahaan perlu mengupayakan agar sumber daya manusia terfasilitasi dengan desain kerja, pengelolaan dan lingkungan kerja yang dapat mengembangkan potensi dari sumber daya manusia tersebut. Setiap perusahaan tentu memiliki seperangkat nilai serta asumsi dasar yang berbeda-beda. Agar hal tersebut dapat terfasilitasi secara maksimal, perusahaan perlu memahami budaya organisasi yang mendasari perusahaannya. Pemahaman budaya organisasi dapat membantu perusahaan dalam mengenali setiap asumsi dasar yang ada dalam perusahaannya, yang kemudian akan membantu perusahaan untuk memprediksi dan merespon setiap perilaku karyawan. Untuk mendeskripsikan budaya organisasi dalam perusahaan alas kaki, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung pada manajer sumber daya manusia dan manajer pabrik / operasional dan observasi. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi memiliki peran yang sangat kuat dalam perusahaan alas kaki. Budaya ini mendasari setiap kegiatan yang ada dalam perusahaan. Budaya organisasi dalam perusahaan alas kaki dapat diklasifikasikan sebagai Clan Culture, karena memiliki orientasi yang kuat terhadap komunikasi dan hubungan kerja yang baik satu sama lain. Hal-hal tersebut menghasilkan tingkat komitmen yang tinggi. Budaya ini didasari oleh budaya perusahaan keluarga yang ditanamkan oleh pendiri perusahaan. Selain Clan Culture, perusahaan juga mengambil beberapa unsur dari jenis budaya Market Culture, yang berorientasi kepada hasil daripada proses.
MANAJEMEN DAN PENGEMBANGAN FUNGSI PEMASARAN PADA USAHA KONSTRUKSI PT.MULIA MUKTI SEJAHTERA Christanto, Christanto
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Di Indonesia perusahaan keluarga sudah tidak asing lagi. Banyak perusahaan keluarga yang berhasil dalam menjalankan          bisnisnya. PT. Mulia Mukti Sejahtera adalah salah satu perusahaan uan untuk mendeskripsikan fungsi manajemen perusahaan PT. Mulia Mukti Sejahtera khususnya dalam hal pemasaran, untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan pada PT. Mulia Mukti Sejahtera, serta merumuskan rencana pengembangan bisnis yang akan direkomendasikan pada PT. Mulia Mukti Sejahtera. Untuk tujuan tersebut peneliti akan menggunakan metode kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini digunakan metode wawancara. Informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini antara lain informasi mengenai fungsi planning, organizing, actuating dan controlling yang dijalankan perusahaan. Penelitian ini juga menggunakan analisis kekuatan bersaing Porter untuk menganalisis lingkungan eksternal.Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan, bahwa dalam menjalankan usahanya PT. Mulia Mukti Sejahtera sudah menjalankan fungsi manajemen di setiap fungsi bisnis yang ada di perusahaan dengan cukup baik. Kemudian dilakukan analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal sebagai acuan dalam menyusun rencana pengembangan bisnis dan Strategi yang direkomendasikan bagi perusahaan .Adapun saran yang dapat diberikan adalah dengan menambah jumlah tenaga pemasaran, mengadakan meeting tim secara berkala, serta meningkatkan chanel pemasok-pemasok agar dapat mencermati perbandingan harga yang ada antar pemasok.
ANALISA PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA KERAJINAN GERABAH DI LOMBOK BARAT Yunal, Vivin Oblivia
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah motivasi berwirausaha, inovasi produk, pertumbuhan usaha kerajinan gerabah di Lombok Barat, dan untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi berwirausaha terhadap pertumbuhan usaha dan pengaruh tidak langsung motivasi terhadap pertumbuhan usaha dengan melalui inovasi produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskripstif dan asosiatif kausal. Pengumpulan sampel dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling kepada 91 responden wirausaha yang bergerak dibidang industri kerajinan gerabah. Teknik analisis yang digunakan adalah Path Analysis dengan bantuan software SPSS versi 20 dengan alpha sebesar 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan usaha. Namun, tidak terdapat pengaruh tidak langsung antara motivasi berwirausaha terhadap pertumbuhan usaha melalui inovasi produk. Koefisien determinasi dalam model penelitian ini adalah sebesar 74,7%.
PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS PENGGILINGAN PADI PADA FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DI PERUSAHAAN PENGGILINGAN PADI BANYUWANGI Sutejo, Henry Saputra
Agora Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan bisnis pada perusahaan penggilingan padi di Banyuwangi, menganalisis lingkungan internal dan eksternal pada perusahaan penggilingan padi di Banyuwangi dan menyusun strategi bisnis bagi perusahaan penggilingan padi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Untuk menguji kredibilitas data, maka penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Data-data yang telah diuji kredibilitasnya dengan teknik triangulasi sumber data, kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian, perusahaan penggilingan padi disarankan untuk menggunakan strategi kepemimpinan biaya. Strategi ini dapat diimplementasikan dengan melakukan pelatihan pada karyawan agar dapat menghasilkan kinerja maksimal dan meminimalkan biaya-biaya.

Page 1 of 17 | Total Record : 168


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Business Management Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 1 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 2 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 2 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 1 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 2 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 1 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 4, No 2 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3 (2015): Vol 3, No 2 (2015) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 3, No 2 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis More Issue